14



UEFI (Extensible Firmware Interface) akan merinci spesifikasi antarmuka yang membantu menyerahkan kontrol dari sistem untuk lingkungan pra-boot (yaitu: setelah sistem dinyalakan, tapi sebelum sistem operasi mulai) untuk mengoperasikan sistem.
salah satu contoh Laptop yang memakai sistem ini adalah ACER E1-410. Dari pengalaman saya, saya akan bagikan beberapa penjelasan masalah beserta solusinya.

permasalahan pada tipe laptop ini sebagai berikut :
-tipe laptop ini gak bisa diinstal dengan windows x32
-gak bisa booting dengan menggunakan flashdisk 
-secure boot gak bisa didisabled
-boot mode gak bisa diubah ke legacy bios

solusinya adalah
1. Cara Pertama
- booting dengan menggunakan dvd windows 8,8.1 x64,
- windows 7 x64 not support

2. Cara Kedua
Anda juga bisa memakai cara kedua ini :

Di sini kita akan memakai sebuah aplikasi Rufus v1.4.3.385 Fungsi aplikasi ini memformat Flashdisk kita untuk bisa Booting dengan UEFI. Berikut ini Cara pemakaian aplikasi Rufus v1.4.3.385 (Lihat pada gambar dibawah ini)

Gambar Rufus


Selanjutnya tinggal lanjutkan instal seperti biasa, dan masalah terselesaikan.
Laptop bisa berjalan normal dan kelebihan dari uefi boot ini adalah waktu booting lebih cepat, semoga artikel ini dapat membantu teman-teman yang mengalami masalah ini.

Post a Comment

  1. Kunjungan baliknya gan--> Cara Install Windows 8.1 di Acer E1-410

    ilmulewatblog

    ReplyDelete
  2. Rufus gue ngga' bisa di Ubah ke GPT gimana dong? Apa gue harus pake windows 8.1! Soalnya gue pake windows 7.
    Mohon solusinya dong!

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya mas memang untuk sistem booting UEFI itu supportnya untuk windows 8,8.1 64bit, untuk windows 7 tidak support mskipun 64bit. laptop agang merek apa?

      Delete
  3. Kalau ngembalikan dari win 7 ke win 8 lagi gmn ya..koq ngga bisa cuma di angka 9% berhenti waktu selesai install win 8

    ReplyDelete
  4. mau tanya gan kok saya tidak bisa intal windows 7 ya walaupun windows 7 64 bit..

    ReplyDelete
  5. minta win 8.1 32bit gan boleh

    ReplyDelete
  6. akhirnya berhasil juga mas, mantab..............terimakasih yah mas.

    ReplyDelete
  7. https://afkhacyber.wordpress.com/2016/09/13/install-windows-8-di-laptop-acer-v5-471/ ni pengalaman gan

    ReplyDelete
  8. diinstal windows 10 64 bit bisa gak bos

    ReplyDelete
  9. cara menggunakan bluetooth di laptop acer e1-410 gmna ada yang tau gax .., ?

    ReplyDelete
  10. saya mau install windows 10 kok waktu install ulang pertama tidak bisa bergerak sama sekali toucpeth dan keyboard nya... tolong dong solusi nya..laptop saya acer e1 410

    ReplyDelete

 
Top